Cara membuat cilok Bandung yang enak – Siapa yang tidak kenal dengan cilok? Jajanan ini digemari mulai dari anak-anak SD sampai orang dewasa, ya kaya penulis ini juga tidak akan nolak kalau harus makan cilok banyak-banyak. Apalagi cilok Bandung, cilok yang sesuai dengan nama daerah asalnya, Bandung (tepatnya Sunda ding yah), Jawa Barat ini memang memiliki rasa yang berbeda, serta warna dan tingkat kekenyalannya pun berbeda dari cilok kebanyakan. Warna cilok Bandung lebih putih, lebih kenyal, dan yang pasti lumayanlah buat ganjal perut. Hehehe

Ada sepuluh bahan beserta bumbu nih buat ciloknya, jangan dibayangkan banyaknya tapi dibayangkan endesnya ya :)

  1. 125 gr tepung aci atau tepung tapioca atau tepung yang dibuat dari ketela.
  2. 125 gr tepung terigu terserah mau bermerk apa yah sista.
  3. 200 ml air yang sudah mendidih dong.
  4. ½ sdt (sendok teh) gula pasir (bukan pasir pantai -_-)
  5. ¼ sdt (sendok teh) merica.
  6. ½ sdt (sendok teh) kaldu (rasa sesuaikan dengan selera) yang bubuk yah sista.
  7. Garam sesuaikan dengan selera.
  8. 2 siung si bawang yang putih, terus haluskan (kalau boleh sara di ulek saja yah sista).
  9. 2 helai daun bawang, iris tipis.
  10. Siapkan juga air buat merebus kira-kira saja yah sista :)

Bahan membuat bumbu kacang:

Sista, untuk membuat bumbu cilok yang enaka sista perlu kacang tanah 100 gram (digoreng dulu pastinya), si cabe rawit yang merah sesuaikan dengan selera pedas yah sis, terus gula merah secukupnya, bawang merah 2 siung, air asam jawa sekitar 1 sendok makan, dan terakhir air 200 ml. Jangan lupa siapkan garam, dan minyak untuk menggoreng dan menumis.


Cara membuat cilok khas Bandung yang enak:

  1. Masukkan bahan-bahannya, mulai dari tepung terigu serta daun bawang yang sudah diiris, lalu tuang air yang sudah dipanaskan dan telah diberi campuran bawang putih (sudah dihaluskan), garam, merica, gula, juga kaldu bubuk. Waktunya mengaduk nih sis, aduk-aduk sampai rata, sedikit demi sedikit tepung aci masukkan, tujuannya agar adonan tidak lengket dan mudah untuk dibentuk.
  2. Selanjutnya step 2, adonan yang sudah dibuat tadi dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil, masukan ke dalam rebusan air yang mendidih. Tunggu sampai cilok mengapung, jika sudah mengapung itu berarti cilok telah matang. Ciloknya sementara ditiriskan dulu yah sis, lanjut nih buat pelengkapnya, cocol sambal kacang.
  3. Yuk buat sambal kacang dengan langkah sista terlebih dahulu mengulek (menghaluskan) bahan bumbu kacang, kemudian tumislah, tambahkan garam sesuai selera, aduk-aduk deh hingga matang.
  4. Terakhir nih, sajikan cilok dengan cocolan bumbu kacang dan boleh menambahkan saus serta kecap agar rasa semakin enak endess.

Memang bahannya cukup banyak tapi langkahnya sederhana kan sis? Demikian cara membuat cilok Bandung yang enak, selamat mencoba

Sumber : http://santeaja.com/