Hallo, Foochiers! 

Hampir semua orang tau betapa nikmatnya mie Italia yang akrab banget di sapa Spaghetti ini. Sehingga membuat banyak resto menyediakan hidangan spaghetti di menunya, tentu dengan berbagai macam varian. Dimulai dari aglio e olio, pomodoro & basilico sampai dengan spaghetti alle vongole dan lain sebagainya. Dengan begitu banyaknya peminat spaghetti, kini sudah banyak bermunculan spaghetti instan yang bisa disajikan hanya dalam waktu beberapa menit. Salah satunya adalah La Pasta: Royale yang tentu akan menjadi pembahasan kita kali ini.
Penasaran kan? Terus simak postingan ini sampai habis ya!


Sebenarnya, La Pasta: Royale ini memiliki dua varian rasa. Hot & Spicy Sauce dan Cheese Bolognese Sauce. Pada review kali ini yang mau saya bahas adalah Cheese Bolognese Sauce (karena emang baru cobain varian yang itu aja hehe).

Biar harganya terbilang murah, tapi karena packaging nya menggunakan kardus serta tampilan cover kardusnya yang menggugah selera membuatnya cukup terlihat mewah dan elegan. Di kardus bagian belakang ada penjelasan mengenai produknya, mulai dari komposisi, informasi nilai gizi sampai dengan tata cara memasaknya. Ditambah lagi spaghetti instant ini sudah terdaftar di BPOM RI serta sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI, jadi kalian para muslim yang penasaran mau coba nggak perlu khawatir lagi dengan kehalalan masakan instan ini ya. Hihiy!


Isinya nggak begitu banyak. Seperti yang terlihat di gambar, hanya ada satu bungkus saus bolognese, keju bubuk, serta spaghetti dengan ukuran kecil. Kira-kira sekitar setengah dari ukuran normal spaghetti yang biasanya. Untuk memasaknya sangat mudah. Cukup siapkan air garam mendidih sekitar 500 ml, lalu masukkan spaghettinya. Untuk garamnya sejumput aja, nggak perlu banyak-banyak. Walau sebenarnya di tata cara memasak tidak ada perintah untuk menambahkan garam pada air rebusan, tapi dari yang saya tau selama ini, spaghetti itu paling lezat apabila direbus dengan air garam. Selain untuk memperkuat rasa dari spaghettinya, juga untuk menghindari terjadinya spaghetti yang menempel satu sama lain. Tentu akan menjadi sangat tidak enak apabila spaghetti melekat jadi satu, bukan?

Nah, selama merebus jangan lupa untuk di aduk sesekali. Jangan dibiarkan untuk tidak di aduk terlalu lama karena bisa membuatnya menempel ke bagian dasar panci, kita semua tentu tidak mau hal itu terjadi. Ditambah juga hal tersebut akan membuat panas di air tidak merata, sehingga dapat menimbulkan spaghetti yang tidak matang merata.

Sesuai dengan perintah, merebusnya cukup 4 menit saja. Tidak perlu terlalu lama, karena bisa membuatnya gagal al dente. Setelah 4 menit, segera di tiriskan tanpa membilasnya dipancuran air mengalir. Agar tidak menghilangkan pati di dalam pastanya. Karena kalau patinya hilang, maka akan membuat spaghettinya sulit menyatu dengan sausnya. Cukup bilas dengan air dingin, tiriskan lagi, lalu tuang ke dalam wadah. Setelah itu baru campur dengan bumbunya. Saus bolognese yang disediakan ini tidak mengecewakan, warnanya cerah, ada banyak potongan daging kering kecil yang empuk disausnya. Hanya saja rasa sausnya manis. Ini mungkin selera masing-masing, bagi saya sebagai orang yang suka dengan rasa pedas, maka saya menambahkan beberapa sendok saus sambal serta bubuk cabai. Rasanya jadi sesuai dengan selera saya. Oh, saran saya, bubuk kejunya ditabur di paling akhir saja, untuk bubuk kejunya tidak perlu di aduk terlalu rata, supaya terasa rasa kejunya. Yah walaupun begitu sebetulnya rasa kejunya tetap tidak terasa sama sekali, kenapa? karena bubuknya hanya sedikit. Sedangkan rasa sausnya cukup kuat, jadi kejunya kalah saing dengan sausnya. Tapi biarpun begitu, kita bisa menambah keju sendiri kan? Tentunya bisa, dan saran saya sebaiknya begitu. Jadinya tercapai deh ‘Spaghetti Cheese Bolognese Sauce’ nya, yey!


Oh iya, selain menambahkan saus sambal dan bubuk cabai, saya juga menambahkan sedikit bubuk oregano kering, daun basil kering serta sedikit daun seledri sebagai garnish. Rasanya? tentu enak. Tekstur spaghetti nya benar-benar kenyal. Al dente! Sausnya pun mendukung, ditambah dengan adanya potongan-potongan daging kecil. Bagi saya spaghetti ini tidak begitu mengecewakan sih. Walau tidak terlalu sempurna juga ya.


Bisa dilihat sendiri di gambar, bahwa ukuran porsi spaghetti ini cukup untuk membuat perut kita penuh. Lihat sendiri kan? Selain hampir memenuhi lingkaran piring, ia juga menggunung, kebayang dong betapa cukupnya porsi ini untuk membuat kita kenyang?
Pertama lihat ukuran spaghetti mentahnya yang terlihat kecil dan sedikit memang agak membuat kecewa, mikirnya pasti tidak akan membuat kenyang. Sekali seruput pasti langsung habis (hehe). Tapi ternyata diluar dugaan, porsinya mengenyangkan!
Recommended. ❤

Mau tau harga serta kelebihan dan kekurangan dari Royale: La Pasta ini? Yuk cek langsung disini.